Apa Itu Puasa Ramadhan? Bagaimana Hukumnya? - Debbie

Jumat, 17 April 2020

Apa Itu Puasa Ramadhan? Bagaimana Hukumnya?

Apa Itu Puasa Ramadhan? Bagaimana Hukumnya?


Umat islam sebentar lagi akan masuk bulan Ramadhan yang artinya kita akan menjalankan ibadah puasa satu bulan full. Puasa adalah merupakan salah satu bentuk ibadah yang wajib bagi umat islam. Dilakukan dengan niat kepada Allah SWT dan menahan diri dari makan dan minum serta berbagai macam hal yang mampu membatalkan puasa. Dan puasa dilakukan saat waktu imsakiyah digaungkan sampai dengan suara adzan magrib di kumandangkan.

Makna ibadah puasa bagi sebagian orang masih banyak yang keliru seperti memaknainya dengan puasa full selama satu bulan saja. Padahal yang sebetulnya ada makna lain dari puasa Ramadhan yang mungkin masih banyak sekali masyarakat yang tidak mengetahui. Tidak hanya mengontrol dan nafsu untuk makan dan minum saja tetapi juga menahan hawa nafsu yang lain seperti emosi misalnya. Dan hukum puasa bagi umat islam adalah wajib bagi yang mampu.

Yang perlu Anda ketahui bahwa berpuasa akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan. Tidak hanya itu saja dengan berpuasa nantinya juga bisa melatih kesabaran kita. Di bawah ini adalah beberapa makna dari ibadah puasa Ramadhan yang sebenarnya:

1. Ibadah istimewa yang ditujukan pada Allah SWT.
2. Menahan diri dari hawa nafsu dan hal yang bisa membatalkan puasa.
3. Dilakukan oleh orang-orang tertentu.
4. Memperbanyak amalan.

Selain bisa mendapatkan pahala tersendiri dengan melakukan ibadah puasa nantinya kita juga bisa menambah amalan-amalan yang lain. Oleh karena itu Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk senantiasa selalu melakukan berbagai macam kegiatan yang positif yang nantinya bisa mendatangkan pahala. Dengan begitu puasa kita menjadi lebih bermakna dan bermanfaat. Di atas adalah beberapa makna dari puasa yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui makna puasa yang sebenarnya maka akan semakin membuat kita untuk semangat dalam menjalankan puasa. Bila Anda tertarik dengan artikel lainnya Anda bisa mengunjungi EF Adults. Di dalamnya ada berbagai macam artikel dengan pembahasan yang sangat menarik yang bisa Anda jadikan sebagai bahan bacaan yang bermanfaat.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Debbie | All Right Reserved