Kesehatan Mulut dapat Mempengaruhi Kesehatan Tubuh Anda - Debbie

Minggu, 22 September 2019

Kesehatan Mulut dapat Mempengaruhi Kesehatan Tubuh Anda

Kesehatan Mulut dapat Mempengaruhi Kesehatan Tubuh Anda


Tubuh adalah satu kesatuan utuh yang tidak bisa dipisah-pisahkan. Satu saja sisi tubuh yang terusik kerjanya karena itu semua sisi tubuh lainnya akan terserang efeknya. Demikian dengan mulut, bila kesehatan mulut alami penurunan, kesehatan tubuh pada umumnya akan turut alami penurunan. Seperti apa dampak kesehatan mulut pada kesehatan tubuh? 

Mulut adalah pintu awal masuknya makanan ke perut. Makanan ialah sumber daya untuk melakukan aktivitas semua sisi tubuh. Bila di pintu awal saja makanan telah memiliki masalah karena kesehatan mulut yang terusik, dapat diyakinkan, makanan itu akan bawa permasalahan buat sisi tubuh selanjutnya yang dilewati makanan. 

Bagaimana kesehatan mulut memengaruhi kesehatan tubuh bisa disaksikan dalam info berikut ini: 

1. Bila kesehatan mulut terusik karena kesehatan gigi yang buruk, makanan bisa banyak memiliki kandungan kuman (bakteri, protozoa, maupun virus). Waktu di mulut saja, kuman-kuman ini dapat menyebabkan banyak penyakit. Contohnya saja sakit gigi, infeksi gusi, sakit tenggorokan, infeksi kelenjar ludah, sampai flu. Begitupun waktu makanan masuk ke organ tubuh skema pencernaan lainnya. Kuman-kuman ini dapat mengakibatkan penyakit lainnya juga. Seperti infeksi lambung, infeksi hati, infeksi usus, infeksi usus besar (kolon), dan sebagainya. 

2. Bila kesehatan mulut terusik karena kesehatan lidahyang terusik, contohnya saja karena jamur Candida yang menyebabkan penyakit ‘lidah putih’, kesehatan tubuh yang lain akan terusik. Contohnya saja berkurangnya nafsu makan yang menyebabkan tubuh kurang daya serta kekurangan nutrisi. Dengan demikian, kesehatan tubuh pada umumnya alami penurunan mutunya. 

3. Bila kesehatan mulut terusik karena rutinitas makan yang salah, kesehatan tubuh lainnya akan terusik. Misalnya saja rutinitas makan yang kunyah makanan begitu sesaat yang menyebabkan pada kerja lambung yang lebih keras yang dapat menyebabkan timbulnya masalah pada lambung, seperti penyakit maag. Makan begitu sesaat serta terburu-buru dapat juga menyebabkan tergigitnya lidah atau susunan rongga mulut lain yang menyebabkan timbulnya sariawan. 

4. Kesehatan mulut yang terusik sebab type makanan tersendiri dapat juga menggangu kesehatan tubuh yang lain. Contohnya saja sebab kebanyakan makan asam, makan pedas, makanan berminyak, kunyah tembakau, dan sebagainya. Beberapa makanan type ini, di lambung serta usus dapat menyebabkan penyakit. Seperti panas dalam, diare, sampai kanker.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Debbie | All Right Reserved